KEBUDAYAAN INDONESIA

   


Negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang dilihat dari letak geografisnya berada di antara dua samudra yang luas yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Selain itu , Indonesia berada di antara dua benua , yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke yang terdapat banyak pulau-pulau yang menjadika Indonesia disebut negara kepulauan. Indonesia merupakan negara yang memiliki ribuan pulau dan hampir di tiap pulau tersebut dihuni oleh suku bangsa yang berbeda-beda. Dari situlah bangsa Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat beragam. 
Keunikan budaya yang dimiliki Indonesia, telah diakui dalam kancah Internasional. Budaya dan adat yang diwariskan oleh nenek moyang kita dahulu merupakan harta karun kedua yang harus dilestarikan. Namun, di era masa sekarang ,  akibat pengaruh dari globalisasi, banyak generasi muda yang kurang mengenal akan kebudayaan yang telah diwariskan ini.
Beberapa tahun yang lalu, negara kita telah dihebohkan dengan kasus peng-klaim-an budaya kita yang diakui menjadi budaya negara tersebut seperti batik dan reog. Kasus ini seharusnya menjadi teguran bagi pemerintah dan juga bagi kita masyarakat Indonesia untuk menjaga dan melestarikan budaya bangsa kita ini agar tidak dicuri menjadi miliki negara lain. Pengetahuan tentang budaya Indonesia harus ditekankan pada generasi muda, agar kita semua dapat mengetahui betapa kayanya negri ini. Yang kaya akan budaya dan juga sumber daya. Contoh kebudayaan semua itulah yang menjadi salah satu kebudayan asli Indonesia yang dari dulu hingga sekarang masih dilestarikan dan dikembangkan oleh banyak kalangan masyarakat. Dan tidak ada salahnya kita sebagai warga Indonesia turut bangga , karena negara kita telah mempunyai begitu banyak budaya yang beraneka ragam dan menarik.
Kekayaan negeri kita ini sungguh melimpah, jangan sampai kita melihatnya sebagai sesuatu yang kuno atau biasa saja , sedangkan negara lain disana  melihatnya sebagai harta benda. Pendidikan di luar negeri sana sekarang telah banyak yang mengembangkan pusat-pusat pembelajaran budaya Indonesia , yaitu seperti gamelan , sinden , berbagai tarian , dan belajar bahasa Indonesia dengan mahir. Dengan itu berarti bahwa, orang di negara lain pun sangat tertarik untuk mempelajari dan mencoba mengembangkan budaya Indonesia yang kaya. Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan, kita tidak ingin generasi setelah kita hanya dapat mendengarkan cerita mengenai budaya dan tidak pernah langsung merasakannya dan penerus bangsa malah justru tidak mengerti apa-apa akan budaya sendiri. Jangan sampai , generasi selanjutnya mempelajari budaya kita dari orang asing , sungguh menyedihkan bukan ???
Inilah contoh beberapa gambar kebudayan Indonesia yang beranekaragam dan menarik. 

Reog Ponorogo
Batik
Tari Pendet dari Bali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar